Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu Dalam Penyiapan PMT Untuk Pencegahan Stunting

SRAGEN || jatenggayengnews.com – Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar bagi ibu, bayi, dan anak balita.

Untuk meningkatkan peran kader posyandu Sertu Heriyanto Babinsa Ds.Tegalombo Koramil 18/Kalijambe Kodim 0725/Sragen melaksanakan komsos bersama Kader Posyandu Desa Tegalombo Kecamatan Kalijambe, Selasa (24/10/2023)

Menurut Sertu Heriyanto upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu tidak lepas dari peran kader. Peran kader dalam penyelenggaraan Posyandu sangat besar karena selain sebagai pemberi informasi kesehatan kepada masyarakat juga sebagai penggerak masyarakat untuk datang ke Posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.

Salah satu tugas kader adalah menyiapkan bahan penyuluhan dan pemberian makanan tambahan (PMT). Kader sebagai bagian dari tim penggerak Posyandu mempunyai peranan yang sangat penting dalam menyampaikan informasi yang tepat kepada para ibu tentang PMT. PMT merupakan salah satu strategi dalam mengatasi masalah gizi. PMT yang tepat dapat mempengaruhi status gizi pada balita.

Heriyanto menyatakan bahwa posyandu merupakan tempat yang strategis menyambung dari keinginan pemerintah pusat dan keinginan keluarga agar anaknya dapat tumbuh berkualitas. (Arifin)