Forum Genre Provinsi Jateng Berhasil Masuk 3 Besar Adujaknas 2023

SEMARANG || jatenggayengnews.com – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas Remaja Genre Nasional (Adujaknas) 2023, di Hotel MG Setos Semarang, Minggu (29/10/2023).

Perhelatan yang berlangsung selama 2 hari itu diikuti oleh Forum Genre dari 34 provinsi di Indonesia. Dalam ajang tersebut, Forum Genre Provinsi Jawa Tengah berhasil masuk dalam 3 besar kategori Forum Genre Terbaik 2023.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sumarno mengapresiasi keberadaan Forum Genre yang melibatkan Forum Anak dan Forum Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Sebab, forum ini dinilai mempunyai rencana sekaligus menjadi sarana dalam menyambut Generasi Indonesia Emas di tahun 2045.

“Mereka (Forum Genre) menjadi mitra stakeholder(pemangku wewenang) kita, karena berbagai masalah remaja adalah tanggung jawab kita di pemerintahan. Maka, adik-adik ini menjadi stakeholder, yang berkontribusi terhadap penyelesaian masalah stunting dan lainnya,” ucapnya.

Anggota Forum Genre ini dapat lebih mudah berkomunikasi dan menjaring pertemanan pada sesama anak muda, sehingga sosialisasi dan edukasi yang disampaikan akan lebih mengena. Termasuk edukasi untuk tidak melakukan bullying atau perundungan, mencegah stunting, dan risiko pernikahan usia dini.

“Masalah bullying menjadi perhatian kita semua, sehingga adik-adik ini, juga menjadi duta-duta anti-bullying, yang ada di satuan pendidikan,” kata Sekda.

Berbagai kegiatan yang diselenggarakan Forum Genre dinilai sangat strategis untuk melatih para remaja dalam berorganisasi, berkolaborasi, bekerja sama, berkomunikasi, serta mengadakan berbagai kegiatan positif lainnya.

Sementara itu, Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo menjelaskan, Adujaknas Genre 2023 merupakan ajang kompetisi berbagai kegiatan kreativitas dan inovasi dari Forum Genre di seluruh Indonesia.

Forum Genre mempunyai peran besar dalam membantu pemerintah menyelesaikan berbagai persoalan anak muda. Sebab, mereka dapat melakukan kampanye terhadap calon keluarga muda dengan cara dan bahasa yang dinilai dapat lebih mudah diterima.

“Mereka promosi, tidak melakukan seks bebas dan tidak ada narkotika. Mereka adalah remaja-remaja yang hebat, cerdas, ceria, dan mempunyai filosofi dalam hidupnya,” beber Hasto.

Dalam ajang tersebut, terdapat 3 besar terbaik atau TOP 3 dalam kategori Forum Genre Terbaik, yakni Forum Genre Sulawesi Selatan, Forum Genre Jawa Tengah, dan Forum Genre Sulawesi Utara.

Selanjutnya, pemenang dalam kategori Genre In Action, peringkat pertama adalah Forum Genre Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh, peringkat kedua diraih oleh Forum Genre Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan, dan peringkat tiga adalah Forum Genre Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat.

Sementara kategori Provinsi Terbaik, peringkat pertama diraih oleh Sumatera Barat, peringkat kedua adalah Kepulauan Riau, kemudian peringkat ketiga diraih oleh Kalimantan Barat. Selain itu, lima besar provinsi kategori Meaningful Youth Participation, yaitu Provinsi Kalimantan Timur, Jawa Barat, Sulawesi Tengah, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Selatan. (Arifin)