Pelihara Fisik Tetap Prima, Anggota Kodim 0726/Sukoharjo Laksanakan Tes Garjas Periodik II

SUKOHARJO || jatenggayengnews.com – Prajurit Kodim 0726/Sukoharjo pada hari Rabu (31/10) pukul 07.00 melaksanakan Test Kesegaran Jasmani (Samapta) Periodik II Tahun 2023 bertempat di komplek Stadion Gelora Merdeka, Jombor, Kecamatan bendosari, Kabupaten Sukoharjo. (01/11/23)

Test Kesegaran Jasmani ini dilaksanakan untuk memelihara, meningkatkan serta mengukur kemampuan fisik Prajurit untuk mendukung kelancaran tugas-tugas pokok anggota Kodim 0726/Sukoharjo sebagai aparat teritorial di wilayahnya, serta menyiapkan kondisi fisik aparat teritorial agar selalu dalam kondisi prima.

“Test Kesegaran Jasmani ini diikuti oleh anggota Militer maupun PNS Kodim 0726/Sukoharjo utuk diperoleh data kemampuan fisik Prajurit dan PNS agar teteap dalam kondisi prima dalam melaksanakan tugas-tugasnya, apalagi bagi Babinsa yang senantiasa mobile harus sigap berada ditengah-tengah masyarakat dalam melaksanakan tugasnya,” ungkap Pasipersdim Kapten Inf Sunarto.

Pasipers Dim 0726/Sukoharjo Kapten Inf Sunarto di sela-sela kegiatan menyampaikan bahwa Kegiatan samapta ini dilaksanakan secara periodik dan terprogram pada tiap tahunnya sebanyak 2 kali dan ini sangat berguna untuk mengukur sampai dimana ketahanan fisik dan kesehatan para anggota.

Dengan pengawasan, supervisi dan dipandu anggota Jasrem 074/Warastratama anggota Militer dan PNS Kodim 0726/Sukoharjo melaksanakan test Garjas yang meliputi materi Samapta A dan Samapta B. Test Kesegaran Jasmani di semua item meliputi Kesegaran jasmani A lari selama 12 Menit, Kesegaran jasmani B terdiri atas Push Up, Pull Up, Sit Up, Lunges dan Shuttle Run serta Renang dengan jarak 50 meter, dimana semua penilaian diklasifikasikan dan di kategorikan berdasarkan kelompok umur.

“Sebagian anggota tidak bisa mengikuti test Garjas pada hari ini dikarenakan banyaknya kegiatan pada saat yang bersamaan serta ada sebagian anggota yang terkena dinas dalam, namun masih ada hari berikutnya, karena test kesegaran jasmani ini dilaksanakan selama 2 hari”, tutup Pasipers. (Arifin)