Komsos Babinsa Bersama Warga, Bahas Keamanan Dan Ketertiban Lingkungan

GROBOGAN || jatenggayengnews.com – Kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) yang dilakukan babinsa khususnya di wilayah binaan, tidak harus formil, tetapi bisa dilakukan setiap ada kesempatan untuk berinteraksi dengan warga binaan.

Serda Rusno Babinsa Desa Tunggu Koramil 06/Penawangan, Sebagai Apkowil dalam melaksanakan komsos selalu menyambangi tempat warga yang tengah asik berkumpul, baik di warung kopi, dipinggir lapangan, pos ronda, bahkan teras warga.

Ini dilakukannya dalam rangka menyampaikan himbauan maupun sosialisasi kepada warga binaan di berbagai sektor seperti, kebersihan, keamanan ketertiban, kesehatan, pembagunan, sosial kemasyarakatan dan lainnya dengan tujuan membantu program pemerintah daerah.

Seperti saat ini, Babinsa komsos dengan tokoh masyarakat guna membahas tentang keamanan dan ketertiban Lingkungan di Desa Tunggu Kec. Penawangan Kab. Grobogan, Rabu (1/11/23).

Dalam kesempatan itu, Babinsa mengajak peran aktif tokoh masyarakat agar turut serta menjaga kondusifitas keamanan lingkungan khususnya di Desa Tunggu.

“Kami mengajak agar warga tetap menjalankan siskamling, guna mencegah terjadinya hal-hal yang dapat menganggu Kamtibmas di wilayah ini,” katanya.

Ditempat terpisah Danramil 06/Penawangan Kapten Inf Isbandi menyatakan, bahwa kehadiran Babinsa di wilayah binaan untuk saling bersinergi, baik bersama masyarakat, aparat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, serta tokoh agama di wilayah tempatnya bertugas.

“Babinsa harus menjadi pelopor dan turut membantu meringankan beban masyarakat yang ada di lingkungan binaan termasuk saling berkordinasi atau musyawarah terkait permasalahan keamanan lingkungan,” kata Danramil.

Menurutnya, kegiatan komsos merupakan sarana yang efektif untuk mengetahui permasalahan yang ada di wilayah binaan dan bersama-sama mencari solusi atau jalan keluarnya.

“Keamanan dan ketertiban lingkungan merupakan tanggung jawab bersama, termasuk peran serta para tokoh masyarakat.” ungkapnya. (Pendim 0717/Grobogan)