Meningkatkan Kualitas Nilai SPBE, Bupati Grobogan Luncurkan Aplikasi Srikandi

GROBOGAN || jatenggayengnews.com – Bupati Grobogan Sri Sumarni meluncurkan aplikasi Srikandi (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terpadu) untuk instansi pemerintah di lingkungan Kabupaten Grobogan. Peluncuran dilakukan pada Senin, (30/10/23) di Gedung Riptaloka Setda Grobogan.

Bupati Grobogan Sri Sumarni Mengatakan, penerapan aplikasi Srikandi dapat meningkatkan kualitas dan akuntabilitas kearsipan serta menjadi kenangan kolektif bangsa. Pengelolaan informasi berbasis digital dapat terekam dengan baik dan memudahkan koordinasi antar instansi pemerintah.

“Berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Grobogan untuk mempercepat implementasi aplikasi Srikandi, antara lain bimbingan teknis bagi pengurus dan kepala badan, internalisasi pendampingan instansi, penyediaan regulasi pendukung, dan uji coba penggunaan aplikasi Srikandi. Implementasi aplikasi Srikandi menjadi salah satu indikator dalam menilai Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di daerah.” Imbuh Bupati Grobogan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Grobogan Anang Armunanto mengatakan, aplikasi Srikandi dapat meningkatkan kualitas tata kelola kearsipan yang berdampak pada akuntabilitas kinerja birokrasi, memperlancar komunikasi dan koordinasi antar instansi di daerah dan pusat, serta mendukung upaya penghematan waktu dan anggaran.

“Aplikasi Srikandi merupakan aplikasi nasional yang mendukung tercapainya misi Kabupaten Grobogan dalam memperkuat reformasi birokrasi dan meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan yang baik,” Imbuhnya.

Dengan aplikasi Srikandi, surat menyurat antar instansi tidak lagi membutuhkan kertas, namun dapat diunggah ke aplikasi sehingga pengiriman surat menjadi lebih cepat dan mudah. Jika diperlukan tanda tangan pejabat terkait, dapat langsung ditandatangani dari mana saja.

Aplikasi Srikandi merupakan aplikasi umum di bidang kearsipan yang dapat mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik. Sasaran penggunanya adalah seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah.