Penabuhan Gong Oleh Bupati Boyolali Tandai di Bukanya Festival Dalang Bocah II Tahun 2023

BOYOLALI || jatenggayengnews.com – Pemukulan / Penabuhan gong oleh Bupati Boyolali (Ahmad Said Hidayat) menjadi tanda Festival Dalang Bocah II dimulai. Acara yang juga sebagai bentuk menyambut hari wayang Dunia yang jatuh pada 7 November mendatang, juga diwarnai pawai seribu wayang yang diikuti oleh peserta dalang cilik sekaligus semua pengunjung yang hadir di Sanggar Keluarga Wartoyo Langgeng (SKWL) Minggu (05/11/2023) di Desa Tegalgiri Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali Jawa Tengah.

Festival Dalang Bocah yang di Gagas oleh Ki Dalang Wartoyo dan terselenggara berkolaborasi dengan relawan Dalang Wartoyo Wonge Ganjar Pranowo (DWGP) akan dilaksanakan dua hari yaitu tanggal 5-6 November 2023 yang diikuti oleh 28 perwakilan peserta dalang Bocah dari berbagai provinsi di Indonesia seperti, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ketua Panitia Ki Wartoyo, mengatakan bahwa Festival Dalang Bocah kali ini diikuti oleh 28 peserta dari berbagai Provinsi dengan usia rata-rata 9 – 10 Tahun atau dibawah 13 tahun. Tujuannya untuk mendidik anak untuk mencintai kebudayaannya sendiri, khususnya wayang kulit. Selain itu juga untuk menanamkan nilai-nilai edukasi pada generasi muda, sekaligus menguasai unsur-unsur dalam pewayangan agar anak semakin cerdas dalam meniti tataran kedewasaannya menuju manusia yang berjiwa mulia.

“Saya secara pribadi berharap anak-anak Generasi penerus bangsa ini, bisa mencintai dan melestarikan budaya Indonesia khususnya wayang kulit, apabila diusia mereka yang masih belia sudah di edukasi dan belajar unsur-unsur dalam pewayangan, mereka menjadi cerdas dalam meniti kedewasaannya sebagai bekal di kehidupan mendatang” tuturnya

Ketiga Juri yang merupakan Dalang-dalang Kondang yaitu, Ki Suryanto Purbo carito, Ki Purbo carito dan Ki Jarwo memberikan penilaian para peserta yang membawakan Wayang Purwa Gaya Surakarta (Full Pathet) dengan kriteria : Sanggit, Catur dan Sabet. Dari kriteria ini diharapkan akan menjadikan Calon-calon Dalang di masa depan menjadi dalang yang mumpuni yang trampil memainkan pagelaran wayang seutuhnya.

Di festival Dalang bocah ini, peserta termuda berusia 6 tahun dan tertua berusia 13 tahun, bagaimana keseruan dan apa saja ilmu yang akan didapat oleh para peserta di Festival Dalang Bocah II tahun 2023 ini, kita masih harus bersabar menunggu selesainya acara ini di tanggal 6 Besok. Salam budaya. (Aji)