H. Fachrul Razi, MIP Ketua Komite I DPD RI Pimpin Kaukus DPD RI Untuk Kemerdekaan Palestina

JAKARTA || jatenggayengnews.com – Ketua Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) H. Fachrul Razi, MIP memimpin Kaukus DPD RI untuk Kemerdekaan Palestina dalam sidang pleno Komite I DPD RI yang turut menghadirkan Dirjen Kementerian Luar Negeri (Kemenlu RI) pada Selasa, 7 November 2023 di Gedung B DPD RI Komplek Senayan DPR RI/MPR RI, Jakarta.

Dalam Rapat kali ini, hampir seluruh anggota Komite I DPD RI yang hadir mengenakan syal Palestina sebagai simbol untuk mendukung perjuangan kemerdekaan rakyat Palestina yang saat ini tengah digempur oleh pasukan Israel.

Ketua Komite I Fachrul Razi bertekad bersama Senator Indonesia lainnya untuk memperjuangkan Kemerdekaan Penuh Palestina sebagai negara yang berdaulat dan merdeka. “Kami akan terus bersuara terhadap kebenaran yg dibungkam oleh media pro Israel dan terus bersuara terkait sejarah konflik Israel – Palestina yang dimulai Israel melakukan penjajahan secara masif sejak tahun 1946-1948.

Menurut Ketua Komite I DPD RI, DPD RI mendukung Pemerintah RI untuk mengambil aksi nyata yang berdampak langsung dalam penyelesaian kemerdekaan di Palestina.

“Kita mendorong pemerintah RI terus berupaya memperkuat diplomasi agar Palestina diakui sebagai sebuah negara merdeka dan berdaulat,” jelasnya.

Selain Diplomasi tambahnya, Komite I DPD RI mendukung pemerintah RI secara konsisten memberikan bantuan kemanusiaan terhadap rakyat Palestina.

“Kaukus DPD RI untuk Palestina sebagai bentuk dukungan dan Eksistensi mewakili daerah – daerah di Indonesia dalam mendukung perjuangan kemerdekaan penuh rakyat Palestina dan mengusir penjajah Zionis Israel dari tanah Palestina,” ujar Alumni Magister Fisip Universitas Indonesia tersebut.

Terakhir, Senator vokal dari Aceh tersebut usai memimpin Kaukus DPD RI turut memuji langkah diplomatik yang dilakukan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi untuk membela Palestina. Pidato Retno di Sidang Majelis Umum PBB adalah yang paling lantang dan keras. “Kami kan terus mendukung Kemenlu melakukan upaya diplomasi, dan zDPD RI juga akan melakukan upaya diplomasi dengan Senator Dunia yang mendukung Kemerdekaan Penuh Palestina,” tutupnya. (Ocdy)