Bupati Demak Cairkan Bantuan Sosial Pembangunan Baru Bagi Korban Bencana, Per Rumah Dapat Rp 50 Juta

DEMAK || jatenggayengnews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Demak mencairkan bantuan sosial pembangunan baru bagi korban bencana dan relokasi Program Kabupaten Demak tahun anggaran 2023.

Pencairan tahap kedua tersebut berlangsung di Aula Balai Desa Sriwulan Kecamatan Sayung Kabupaten Demak Provinsi Jawa Tengah.

Bupati Demak Eisti’anah mengatakan pencairan bantuan ini diperuntukan bagi korban terdampak rob yang masih bertahan dan berjuang di daerahnya.

“Kita memberikan bantuan meliputi empat kecamatan yang kena terdampak rob, gimana kondisi di wilayah ini butuh perhatian” Kata Eisti’anah dalam pencairan bantuan di Balai Desa Sriwulan. Senin (6-11-2023)

Menurut Eisti, rata- rata warga yang terkena dampak rob ini ada sebagian menginginkan relokasi, tetapi sebagian besar justru ingin masih bertahan dilokasi awal dan dengan konsep pembangunan baru.

“Secara selektif kalo masih tetap dilokasi, secara teknis kita pastikan bahwa tempat itu masih layak ditempati,” Ujarnya.

Eisti menjelaskan, secara total anggaran program bantuan sosial pembangunan baru dan relokasi program Kabupaten Demak bersumber dana APBD tahun 2023 senilai Rp 3,5 miliar. Diperuntukan 70 unit hunian masing- masing Rp 50 juta, dicairkan dalam dua tahap. Tahap pertama 40 unit dan tahap kedua ini sebanyak 30 unit di Desa Sriwulan, Timbulsloko dan di Bonang.

“Masing- masing KK penerima bantuan ini akan mendapatkan 50 juta, dengan peruntukan 49,6 juta untuk pengadaan material dan selanjutnya biaya administrasi 400 ribu,” Terangnya.

Sementara itu, salah satu penerima bantuan warga Sriwulan Maskuri (55) mengaku senang dan bersyukur memproleh bantuan sosial pembangunan baru atau pembangunan rumah dari Pemkab Demak

“Alkhamdulillah, Saya senang dan bersyukur. Insya’allah bantuan ini cukup,” Ucapnya.