Pelaku Perampas Kalung dan Hp di Jalanan Berhasil Diringkus Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak

SURABAYA || jatenggayengnews.com – Unit I Jatanras Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak berhasil mengungkap kasus terhadap pelaku Tindak Pidana Pencurian dengan Kekerasan (Curas) pada Selasa (24/10/23), sekira pukul 14.30 WIB, di Depan Toko SP, Jl. Raya Samudera Surabaya.

Adapun pelaku yang sudah diamankan yaitu, UF (33th) laki-laki beralamatkan Jl. Randu Agung Surabaya, sedangkan korban atas nama inisial IAS (51th), seorang perempuan beralamatkan di tempat kerja yaitu Karyawan Swasta Tawangsoni Madiun, Jl. Tenggilis Mejoyo Surabaya.

Modus operandi yang dilakukan oleh pelaku bersama kawannya yang sampai saat ini masih dalam pengejaran, yaitu “pelaku keliling seorang diri ataupun bersama dengan rekannya mengendarai sepeda motor dengan mencari sasaran empuk bagi pelaku, yaitu dengan mengincar calon korbannya yang sedang memakai kalung dan membawa Hp, saat melihat sasaran aman, pelaku menarik paksa kalung yang ada dileher si korban dan Hp dari tangan korban.

Saat adanya laporan dari masyarakat yang melaporkan telah terjadi penjambretan, korban IAS (51th) perempuan bekerja di Swasta Tawangsoni Madiun Jl. Tenggilis Mejoyo Surabaya yang barusan dialaminya. Tanpa menunggu waktu lama, anggota Jatanras Unit I Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak segera melakukan Lidik Lapangan. Setelah mendapatkan beberapa bukti-bukti yang kuat melalui Closed Circuit Television (cctv), segera anggota opsnal melakukan pengejaran terhadap pelaku inisial UF dan jelas dengan motor yang dipakainya melalui cctv tersebut.

Tak membutuhkan waktu lama, pelaku UF segera ditangkap dan dilakukan pemeriksaan, ternyata pelaku sudah seringkali melakukan perbuatan kriminal yang sama, diantaranya, – Bulan Agustus 2022 hasil 30gr di TKP Sidotopo, – Bulan Januari 2023 hasil HP merk Oppo Reno 7 di Bungurasih, – Bulan Februari 2023, mendapatkan emas seberat 5gr di TKP Jl. Semut Baru Surabaya, – Bulan April 2023, di Jl. Karet Surabaya mendapatkan Hp Samsung, – Bulan Juli 2023, mendapatkan emas seberat 5gr di Jl. Bongkaran, dan pada bulan Juli 2023 pula di Jl. Kapasan Surabaya, mendapatkan emas 8gr.

Dari hasil pengembangan selama beberapa tahun sebelumnya, pelaku jambret atas nama inisial UF sudah pernah diamankan atau ditangkap dua kali di Polrestabes Surabaya, dua kali di Polsek Pabean Cantikan dan satu kali di Polsek Tambaksari.

Barang bukti yang diamankan pihak Polres Pelabuhan Tanjung Perak ,antara lain : 1 (satu) unit sepeda motor merk Honda jenis Scoppy warna merah, 3 (tiga) file rekaman cctv saat pelaku melakukan kejahatannya, 3 (tiga ) lembar bukti pembelian kalung, 1 (satu) sepatu warna coklat merk Fiveten, sehelai baju warna biru merk Hugoboss sesuai cctv saat pelaku melakukan kejahatannya, 1 (satu) buah celana jeans warna biru merk Wrangler sesuai petunjuk cctv saat pelaku melakukan kejahatannya, sebuah helm warna merah merk Classic sesuai petunjuk cctv juga, 1 (satu) unit handphone (HP) merk Oppo A53 warna biru yang berisi aplikasi dana, 1 (satu) lembar screenshot TF aplikasi dana dan sebilah pisau sepanjan 20 cm yang juga dijadikan barang bukti.

Menurut keterangan Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya AKBP Herlina melalui Kasihumas Iptu Suroto, mengatakan,”memang benar anggota kami telah melakukan penangkapan terhadap pelaku atas nama inisial UF, dengan melakukan serangkaian kegiatan perampasan, yang dilakukan dijalanan, seperti merampas handphone dan merampas kalung korbannya,” jelasnya.

Adapun pasal yang berikan kepada pelaku jambret tersebut yaitu Pasal 365 KUHPidana, dan kini pelaku terpaksa harus mempertanggungjawabkan perbuatan tersebut dijeruji besi,” pungkas Iptu Suroto Kasihumas Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya yang baik hati dan tidak sombong terhadap kawan-kawan media pencari berita di Polres Pelabuhan Tanjung Perak. (Od”S)