Kasdim 0719/Jepara Hadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan dan Ratu Kalinyamat Dianugrahkan Gelar Pahlawan Nasional

JEPARA || jatenggayengnews.com – Kepala Staf Kodim 0719/Jepara Mayor Arm Sarifudin Widianto menghadiri upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-78 Tahun 2023 di Halaman Kantor Sekda Jepara. Jumat, (10/11/2023).

Bertindak sebagai inspektur upacara Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan sedangkan Komandan Upacara Lettu Inf Edi Sulistiyono Danramil 11/Tahunan dan Perwira Upacara dijabat oleh Perwira Seksi Personel Kapten Arh Elfian Jaya Sudrajat.

Dalam upacara tersebut diikuti jajaran Forkopimda Jepara dan peserta upacara dari TNI-Polri serta Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan menyampaikan bahwa peringatan Hari Pahlawan tahun ini terasa lebih istimewa. Karena upaya dan usaha seluruh masyarakat Jepara selama bertahun-tahun mengusulkan gelar Pahlawan Nasional kepada Ratu Kalinyamat, membuahkan hasil.

“Alhamdulillah, hari ini Ratu Kalinyamat mendapat anugerah gelar Pahlawan nasional dari presiden RI,” kata Kapolres.

Disampaikan, dengan penganugerahan gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden RI kepada Ratu Kalinyamat, bukan hanya mempertegas Ratu Kalinyamat sebagai cikal bakal sejarah peradaban dan berdirinya Kabupaten Jepara.

Akan tetapi, eksistensi dan peran Sang Ratu dalam perjuangan mengusir penjajah dan melindungi kedaulatan Nusantara pada masanya juga telah diakui oleh Bangsa Indonesia.

Ini adalah kebanggaan masyarakat Jepara. Untuk itu, di antara ucapan terima kasih atas dukungan semua pihak atas penganugerahan ini.

Kapolres berharap kepada masyarakat Jepara untuk dapat mewarisi semangat perjuangan Ratu Kalinyamat sekaligus menjadikannya pijakan untuk terus berkarya dan giat membangun untuk kemajuan Jepara.

“Ini adalah kebanggaan masyarakat Jepara. Saya berharap bisa mewarnai semangat untuk terus berkarya membangun kemajuan Jepara,” kata Kapolres.

Penganugerahan Ratu Kalinyamat diserahkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kepada Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta, di Istana Negara Jakarta. Dengan adanya gelar pahlawan kepada Ratu Kalinyamat, makin memperkuat posisi Jepara sebagai daerah yang melahirkan Pahlawan Nasional. Sebelumnya adalah dr. Cipto Mangunkusumo dan R.A Kartini.

Seusai melaksanakan upacara dilanjutkan dengan tabur bunga sebagai penghormatan pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Dharma yang berada di Keluarahan Pengkol, Jepara. (Aries P).