Dandim 0719/Jepara Hadiri Kirab Ratu Kalinyamat Sebagai Pahlawan Nasional

JEPARA || jatenggayengnews.com – Dandim 0719/Jepara Letkol Inf Mokhamad Husnur Rofiq, S.I.P., bersama Forkopimda menghadiri kirab Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional yang dimulai Desa Gedangan, Kecamatan Welahan, dan berakhir di Pendopo R. A Kartini Jepara. Senin, (13/11/2023).

Dalam kirab tersebut ribuan masyarakat Jepara hingga pelajar antusias menyambut penghargaan Pahlawan nasional untuk Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional dan turut dihadiri langsung oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moedijat, budayawan nasional Sujiwo Tejo, serta Kepala Perangkat Daerah.

Dikegiatan kirab itu juga rombongan melaksanakan ziarah ke makam Ratu Kalinyamat yang terletak di kompleks Masjid Mantingan. Ratu Kalinyamat resmi ditetapkan sebagai pahlawan nasional oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Jum’at 10 Oktober 2023.

Seperti yang diberitakan, Presiden Jokowi anugerahkan Gelar Pahlawan Nasional kepada 6 tokoh. Penganugerahan ini dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 115/TK/Tahun 2023 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional yang ditetapkan di Jakarta, pada tanggal 6 November 2023.

Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta mengatakan, keberhasilan mendapat gelar Pahlawan Nasional untuk Ratu Kalinyamat adalah buah perjuangan luar biasa.

“Gelar ini harus kita tindak lanjuti dengan jiwa ksatria. Jadikan Ratu Kalinyamat sebagai semangat untuk memberi kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat Jepara,” katanya.

Setelah diterimanya penghargaan anugerah gelar Pahlawan Nasional Indonesia, Pj. Bupati Jepara H. Edy Supriyanta mengganti nama Mall Pelayanan Publik (MPP) menjadi Ratu Kalinyamat Mall.

Ketika ditemui, Dandim 0719/Jepara Letkol Inf Mokhamad Husnur Rofiq menyampaikan bahwa Ratu Kalinyamat melalui visinya yang melampaui pemikiran pada zamannya membuat Ratu Kalinyamat menjadi perempuan yang patut dijadikan teladan bagi generasi muda saat ini.

“Beliau tampil sebagai sosok perempuan yang luar biasa, tangguh, dan adiluhung yang kepemimpinnnya diakui oleh bangsa dan kasultanan lain,” kata Dandim.

Selain itu, Dandim 0719/Jepara berharap kepada seluruh warga masyarakat Jepara untuk meneladani jejak patriotik dan semangat Ratu Kalinyamat dalam menghadapi persoalan-persoalan aktual saat ini.

“Salah satunya adalah menjaga kondusifitas,persatuan dabn kesatuan warga Jepara menjelang Pemilu 2024,” pungkasnya. (ARIES P).