Memaknai Hari Pahlawan Melalui Revitalisasi Monumen Perang Batakan Divisi IV ALRI Pertahanan Kalimantan

BANJARMASIN || jatenggayengnews.comPemerintah Kabupaten Tanah Laut dan Lanal Banjarmasin melaksanakan peletakan Batu Pertama dalam rangka Revitalisasi Monumen Perjuangan di Bukit Timah, Desa Tanjung Dewa, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan. Peletakan Batu pertama dilaksanakan secara simbolis oleh PJ. Bupati Tanah Laut Syamsir Rahman dan Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setiyawan, S.H., hal ini merupakan wujud nyata Pemerintah Daerah dan TNI AL dalam melestarikan sejarah di Negeri ini. (13/11/23)

Rencana membangun kembali Monumen Perang Batakan Divisi IV ALRI Pertahanan Kalimantan ini ditujukan agar lebih memotivasi generasi muda dalam berwisata sejarah untuk mengenang Tragedi Pertempuran “Perang Batakan” sehingga generasi muda memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang perjalanan sejarah bangsa.

Untuk memeriahkan acara tersebut, Mahasiswa Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) yang tergabung pada Sanggar Seni Akademi Borney Gunkay (ABG) menampilkan Tarian Gipang Kibas dan Sendratari Tanah Banyuku yang menggambarkan tragedi Perang Batakan.

Perlu diketahui bahwa pertempuran di Batakan adalah pertempuran antara pasukan yang dipimpin oleh Kapten Mustafa Ideham dari Divisi IV ALRI dengan Belanda pada tanggal 7 April 1946. Perang ini merupakan misi perebutan kembali wilayah Kalimantan dari penjajah yaitu dengan mengirimkan bantuan logistik untuk rakyat Kalimantan melalui jalur laut ke Batakan sehingga terjadilah pertempuran antara Divisi IV ALRI dengan Penjajah Belanda.

Sebagai dukungan Revitalisasi tersebut, TNI AL melalui Lanal Banjarmasin menghibahkan Kapal Eks Patrolinya kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Laut untuk dijadikan Monumen Perjuangan sebagai cagar budaya di daerahnya.

Dalam sambutannya, PJ. Bupati Kabupaten Tala berterimakasih kepada seluruh Stake Holder dalam mendukung kegiatan Revitalisasi Monumen tersebut, Khususnya kepada TNI AL dengan hibah Eks Alutsistanya. (Pen Lanal Banjarmasin)