Kemenko PMK Gandeng Polres Demak Lakukan Penanaman Pohon Secara Serentak

DEMAK || jatenggayengnews.com – Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bersama Polres Demak, Jawa Tengah, menggelar aksi penanaman pohon mangrove di wisata pantai Glagah Wangi, Desa Tambakbulusan, Kecamatan Karangtengah Demak.

Aksi penanaman pohon dipimpin oleh Kapolres Demak AKBP Muhammad Purbaya, yang juga dihadiri oleh berbagai unsur Forkopimda dan elemen masyarakat.

Kapolres mengatakan, Kemenko PMK bersinergi dengan Polri melakukan aksi nyata penanaman 10 Juta pohon secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

“Untuk di wilayah Demak kita tanam sebanyak 500 pohon berbagai jenis,” kata Kapolres AKBP Purbaya, Rabu (15/11/2023).

Diharapkan, lanjut Kapolres, penanaman pohon mangrove yang dilakukan pihaknya dapat berdampak baik untuk masyarakat di tengah seringnya terjadi abrasi maupun banjir rob di wilayah pesisir Demak.

Keberadaan pohon merupakan komponen yang penting untuk menjaga udara dari polusi. Maka dari itu, pihaknya juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melakukan hal yang sama atau minimal menjaga dan tidak merusak pohon yang ada.

“Ini merupakan wujud kepedulian kami terhadap lingkungan dalam mengantisipasi terjadinya abrasi maupun banjir rob di wilayah Demak. Diharapkan aksi seperti ini juga bisa dilaksanakan oleh berbagai elemen masyarakat sebagai salah satu upaya untuk mencegah terjadinya polusi udara,” ungkapnya.

Ia meminta pohon yang sudah ditanam ini juga harus dirawat agar bisa tumbuh dengan baik.

“Jangan sampai kegiatan ini hanya sebatas seremonial, tetapi harus melaksanakan tujuan utamanya yakni pelestarian lingkungan untuk mencegah abrasi, banjir rob dan pencemaran udara,” pungkasnya.