Upacara Bendera Menjadi Giat Rutin Lanal Palembang Setiap Tanggal 17

PALEMBANG || jatenggayengnews.com – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palembang melaksanakan upacara bendera rutin setiap tanggal 17, bertempat di Lapangan Apel Mako Lanal Palembang, Jalan Yos Sudarso No. 01 Boom Baru, Kecamatan Ilir Timur II, Palembang, Jumat (17/11/2023).

Dalam kegiatan yang khidmat tersebut, Komandan Lanal Palembang Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan diwakili oleh Palaksa Letkol Laut (P) Yusan Taufik bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dengan diikuti oleh segenap Perwira, Bintara, Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ada di lingkungan Lanal Palembang.

Dalam amanatnya, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., yang dibacakan Palaksa Lanal Palembang mengucapkan terima kasih serta apresiasi yang tinggi atas kerja keras, loyalitas dan dedikasi yang telah ditunjukkan oleh seluruh prajurit dan PNS TNI Angkatan Laut dalam melaksanaan tugas yang diamanatkan oleh negara sehingga dapat kita laksanakan dengan baik.

“Dalam dunia yang terus berkembang ini, tantangan yang kompleks dan beragam akan terus muncul. Beberapa kejadian di lingkup global yang perlu menjadi perhatian diantaranya konflik dan krisis kemanusiaan di Jalur Gaza, Perang Ukraina yang berlarut-larut serta ketegangan di Kawasan Indo-Pasifik karena rivalitas kekuatan besar,” ucapnya.

Lebih lanjut, Kepala Staf Angkatan Laut dalam kesempatan tersebut juga memberi arahan mengenai tahun politik pada 2024 mendatang.

Kepala Staf Angkatan Laut menghimbau kepada seluruh jajaran dan anggota untuk mewaspadai setiap potensi ancaman dan gangguan selama pemilu berlangsung sehingga dapat diantisipasi melalui upaya-upaya pengamanan pemilu secara humanis, profesional dan terukur sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Hal lain yang perlu diwaspadai adalah perkembangan teknologi dan informasi dengan dampak positif negatifnya, dengan maraknya penggunaan media sosial, yang menjadi medan pertempuran baru oleh sekelompok masyarakat tertentu untuk mencapai tujuannya, tentunya perlu disikapi dengan bijak,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini juga, Kasal mengajak kepada seluruh prajurit dan PNS TNI Angkatan Laut untuk terus meningkatkan profesionalisme demi mewujudkan TNI Angkatan Laut yang profesional, modern dan tangguh. Menurutnya soliditas dan sinergitas tidak hanya di lingkungan TNI/Polri, tetapi juga dengan instansi dan lembaga pemerintahan, serta elemen masyarakat lainnya.

“Dalam menghadapi situasi nasional dan dunia yang tidak menentu, kita perlu bersikap bijak dan bertindak secara efektif, pertahanan dan keamanan negara harus tetap menjadi prioritas utama,” pungkasnya. (Pen Lanal Palembang)