Alun-Alun Kebumen, Jadi Ruang Terbuka Ramah Bagi Anak dan Disabilitas

KEBUMEN || jatenggayengnews.com – Alun-alun merupakan ruang terbuka untuk publik. Alun-alun juga menjadi pusat kota dan pusat kegiatan masyarakat sehingga semua warga bisa mengakses. Alun-alun Kebumen sebagai ruang publik juga memiliki konsep yang mudah diakses semua, termasuk untuk anak dan disabilitas.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kebumen Yanie Giat Setyawan menjelaskan, alun-alun Kebumen kini sudah mempunyai guiding block untuk memberikan fasilitas yang membantu para penyandang disabilitas. Fasilitas tersebut penting bagi para difabel tuna netra karena kebutuhan mereka berbeda dengan orang normal.

“Ada beberapa bagian struktur yang kita pindahkan untuk mempermudah akses baik dari segi keamanan dan kenyamanan terkhusus untuk kaum disabiltas mas,” kata Yanie Giat, Senin (20/11/2023).

Selanjutnya, pembangunan alun-alun yang dibiayai dengan anggaran Rp9.814.525.000 ini memiliki tiga kantong parkir untuk kendaraan, baik roda dua maupun roda empat di area dalam alun-alun.

“Kantong parkir semua kendaraan nanti dimasukan ke dalam. Bagian barat, timur dan selatan alun-alun. Jadi harapannya seputaran alun-alun steril dari kendaraan,” ucapnya melanjutkan.

Lebih lanjut Yanie Giat menjelaskan renovasi Alun-alun Kebumen yang diberi nama alun-alun Pancasila itu sudah memperhatikan faktor keamanan, keselamatan, dan kenyamanan masyarakat.

“Jangan sampai dengan adanya renovasi tersebut masyarakat malah menjadi terganggu dalam beraktivitas seperti biasanya,” jelasnya.

Untuk sistem saluran drainase alun-alun Kebumen masih menggunakan drainase lama. Karena masih memenuhi syarat dan dalam kondisi baik. Sehingga untuk tahun ini hanya dilakukan normalisasi, tandasnya.

“Kemarin sempat tergenang air karena masih masa pengerjaan, untuk normalisasi belum selesai semua. Kemungkinan kemarin sempat tersumbat karena saluran tertutup matrial pembangunan,” tuturnya.

Pembangunan renovasi alun-alun Kebumen ditargetkan selesai tanggal 30 November 2023. Tampilan baru Alun-alun Pancasila itu nantinya akan menjadi lokasi wisata kota, tempat santai serta sebagai sarana berolahraga warga.